15 FAKTA MENARIK WALMART

Walmart didirikan oleh Sam Walton pada tanggal 29 Maret 1918. Perusahaan yang berpusat di Bentonville, Arkansas, AS ini bergerak dalam sektor atau jenis industri ritel, toko diskon, supermarket atau toko berskala kecil. Di tahun 1962, Sam Walton memulai fenomena Walmart dengan membuka tokonya yang pertama. Dalam 5 tahun setelah itu, ia bekerja sangat keras dan berhasil membuka 24 toko di Arkansas saja. Tahun 1969, toko-toko Wal-Mart berubah secara resmi menjadi Wal-Mart Stores Inc. Di tahun 1971, Wal-Mart memulai sebuah upaya ekspansi dengan membuka kantor pusat yang besar di Bentonville, Arkansas. Dan pada akhirnya di akhir dekade 1980-an, Wal-Mart meluncurkan jaringan toko yang masif bahkan hingga mencapai 1.402 toko dan memiliki klub-klub yang merangsang penjualan hingga nilai 26 miliar dollar lebih. Dan berikut 15 fakta menarik tentang Walmart:


1. Total toko yang dimiliki Walmart mencapai 10.800  toko di 27 negara dengan 69 nama berbeda dan e-commerce website di 10 negara.


2. Walmart telah mempekerjakan lebih dari 1,3 juta orang di seluruh dunia.
 
3. Sam Walton pendiri Walmart, berfokus dalam penjualan produk dengan harga rendah untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi dengan margin laba lebih rendah. Menurutnya, ini merupakan bentuk pengorbanan bagi konsumen.
Image result for walmart low prices

4. Walmart beroperasi di berbagai negara di luar Amerika Serikat dengan nama yang berbeda-beda. Di Argentina, Brazil, dan Britania Raya Walmart dikenal dengan nama ASDA, di Jepang disebut Seiyu, dan di Kanada serta Mexico dinamai Walmex.

 Image result for asdaImage result for seiyu
5. Pada tahun kelima pendirian Walmart, ia sudah mendapat penghasilan sebesar 250.000 US Dollar. Pada tahun ke-10 setelah memperluas perusahaannya menjadi 24 toko di seluruh Arkansas Walmart mendapat penghasilan sebesar 12,6 juta US Dollar.

6. Menurut DSR Marketing System, pada tahun 2000 Walmart menjadi perusahaan retail grosiran terbesar di Amerika Serikat, melebihi perusahaan-perusahaan retail grosiran tradisional seperti Kroger, Boise, dan Safeway.

7. Walmart memiliki slogan “Save money. Live better” yang berkomitmen untuk memprioritaskan cara membantu orang banyak untuk menghemat uang dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga pelanggan mereka
 8. Walmart pernah mengakuisisi beberapa jejaring perbelanjaan ritel seperti Mohr-Value di Michigan dan Illinois, Hutcheson Shoe Company, dan Kuhn’s Big K di Georgia dan South California.

9.  Walmart membagi segmentasi pasarnya menjadi lima bagian, yaitu Walmart Discount Stores, Walmart Supercenter, Walmart Neighborhood, Marketside, dan Walmart.com. 

10. Beberapa perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Walmart adalah P&G, McDonalds, Mary Kate, Ashley Olsen, dan Con Agra.
 
11. Ketika terjadi krisis ekonomi di Amerika, Walmart tidak mengalami kesulitan yang signifikan, hal ini disebabkan oleh strategi harga yang rendah dengan menekan biaya operasional dan selektif dalam pemilihan barang.

12. Setiap minggunya 3% penduduk Amerika mengunjungi Walmart

13. Karena besarnya jangkauan Walmart, VOA pernah membuat pengandaian: kalau Wal-Mart sebuah negara, ia adalah mitra dagang terbesar Cina kedelapan, mengungguli Rusia, Australia dan Kanada

14.  Greenpeace menuding Walmart terlibat dalam perusakan hutan di Indonesia karena ikut memasarkan produk Asia Pulp and Paper, anak perusahaan Sinar Mas Group yang oleh Greenpeace dinilai paling bertanggung jawab atas penggundulan hutan Indonesia.

15.  Walmart memiliki pegawai lebih banyak daripada populasi Houston, Walmart memperkerjakan pegawai sebanyak 1,4juta orang di Amerika.






Nama: Adianti Nugrahani Rachmadi
NPM: 170610150058
Mata Kuliah: Organisasi dan Manajemen Bisnis

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar